Minggu, 19 Januari 2014

MANFAAT IKUT ORGANISASI

Ada banyak maanfaat ketika kita mengikuti kegiatan organisasi. baik itu organisasi di sekolah, di kampus maupun di desa. beberapa maanfaat itu antaralain:

1. Nambah banyak temen
    Dengan ikut organisasi kita bisa nambah banyak temen. Dari yang tadinya nggak kenal, jadi kenal karena sama-sama masuk organisasi. Jadi kan nambah banyak temen.
   
2. Melatih untuk mengemukakan pendapat/gagasan
      Gaul bukan berarti kamu harus nongkrong di caffe, mejeng di amplas, nonton film ke bioskop tiap  minggu, jalan jalan ke Sunmor ngabisin duit. Dengan ikut organisasi pun kamu juga bisa gaul. Jadi anak gaul karena kamu bisa mengemukakan gagasanmu di depan orang banyak. diitu juga kamu latihan percaya diri dengan gagasan yang kamu sampaikan ke orang. Kalo misal, mejeng di caffe kerjaannaya "nggosipin" orang. kalau di oragnisasi mendiskusikan yang lebih berkualitas. Dengan belajar mengemukakan pendapat, berarti kamu juga belajar publik speaking juga, belajar ngomong didepan orang banyak tanpa grogi.

3. Menumbuhkan sikap tanggungjawab
    Daam organisasi pasti kita punya tugas masing-masing, ntah itu sebagai ketua, wakil, bendahara, maupun seksi-seksinya. Dengan tugas yang diberikan kepada kita itu, menjadikan kita belajar bertanggungjawab atas  apayang diamanahkan kepada kita.

4. Melatih kemampuan dalam memimpin
     Di organisasi kita akan belajar banyak tentang leadership/ kepemimpinan. meskipun kita bukan ketua, tapi mesti pernah menjadi ketua ataupun koordinator di beberapa sub kegiatan yang telah dibuat. Disitu kita belajar bagaimana mengarahkan teman-teman kita yang pada saat itu jadi bawahan/staff kita. Belajar sabar, mengontrol emosi saat tugas anak buah kita kurang memuaskan. Yang jelas belajar menjadi pemimpin yang baik.

5. Belajar membuat planning kegiatan
    Tujuan kita ikut organisasi salah satunya agar kita tidak kaku ketika sudah terjun dimasyarakat. Dan di masyarakan biasanya ada banyak kegiatan juga misanya 17an. Misakan kita ditunjuk oleh pak Rt untuk membuat kegiatan 17an, apa ya mau menolalak? atau malah bingung "ngah ngoh" nggak dong mau ngapain?. dengan ikut organisasi kita dipersiapkan untuk itu semua. saah satunya merencanakan acara. dari belajar merencanakan acara, kita bisa juga belajar membuat rencana kegiatan, membuat rancangan biaya, belajar membagi tugas dengan orang lain. dll

Sebenarnya masih banyak manfaat ikut organisasi.
untuk itu kawan kawan, dari pada kita menguras tenaga kita untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, mending ikut organisasi aja. ^_^ hhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar